PADANG, SUMBAR | Menyongsong libur panjang akhir pekan sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun ke-80 Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada Ahad, 17 Agustus 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (KAI Divre II Sumbar) memastikan kesiapan penuh armada dan layanan.
Selama periode 15–18 Agustus 2025, KAI Divre II Sumbar menyediakan total 28.228 kursi atau rata-rata 7.057 kursi setiap harinya bagi penumpang yang ingin bepergian menggunakan kereta api di wilayah Sumatera Barat.
Berdasarkan data pemesanan per 14 Agustus 2025, tercatat 4.405 tiket telah terjual, setara dengan 16 persen tingkat okupansi dari total kapasitas yang tersedia. Angka ini diprediksi akan terus meningkat seiring mendekatnya puncak arus keberangkatan.
“Update pemesanan tiket KA sampai 14 Agustus 2025 mencatat 4.405 tiket telah terjual atau setara dengan okupansi 16 persen. Pemesanan terus bergerak naik hingga akhir pekan,” ujar Kepala Humas KAI Divre II Sumbar, Reza Shahab, Kamis (14/8).
Pemesanan Lebih Praktis, Hindari Penipuan
Reza menegaskan, untuk mempermudah masyarakat, tiket kereta api Lokal kini bisa dipesan langsung melalui aplikasi Access by KAI. Penjualan dilakukan bertahap sesuai jadwal yang ditentukan, yakni mulai H-7 sebelum keberangkatan.
Ia juga mengingatkan calon penumpang untuk membeli tiket hanya melalui kanal resmi KAI seperti aplikasi Access by KAI, loket resmi, atau mitra resmi yang terverifikasi. Langkah ini penting guna menghindari penipuan yang kerap dilakukan pihak tak bertanggung jawab.
Layanan Tepat Waktu, Aman, dan Nyaman
KAI Divre II Sumbar memastikan setiap rangkaian kereta akan beroperasi sesuai jadwal keberangkatan dan kedatangan yang telah ditetapkan. Hal ini untuk menjamin perjalanan yang aman, tertib, dan menyenangkan bagi seluruh pelanggan.
“KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan angkutan penumpang dari sisi ketepatan waktu, kenyamanan, dan keselamatan. Kami juga siap menyesuaikan kapasitas dan pola operasi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, terutama di momen permintaan tinggi seperti libur panjang ini,” jelas Reza.
Informasi dan Layanan Pelanggan
Masyarakat dapat memperoleh informasi lengkap terkait jadwal perjalanan, ketersediaan tiket, maupun kebijakan pembatalan atau pengembalian tiket melalui:
Media Sosial: @KAI121
Email: cs@kai.id
WhatsApp KAI121: 0811-1211-1121
Dengan penambahan kapasitas, kemudahan pemesanan, serta komitmen layanan prima, KAI Divre II Sumbar optimistis dapat menjadi pilihan transportasi utama masyarakat yang ingin menikmati libur panjang HUT RI ke-80 dengan aman dan nyaman.
Tim